Laman

Minggu, 31 Juli 2011

Manfaat bernyanyi


                Ada banyak kegiatan yang berperan dalam meningkatkan memori otak. Salah satunya adalah bernyanyi. Hidup di kota besar dengan tingkat kesibukan tinggi menyebabkan banyak orang tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri yang kemudian mengeksplorasi diri dalam kondisi yang keras. Orang yang tertekan biasanya mengalami peningkatan detak jantung hingga batas tertentu. Bernyanyi dapat menurunkan detak jantung sehingga dapat mengurangi tingkat stres yang merupakan penyebab utama penurunan memori otak.
                Beberapa penelitian membuktikan bahwa musik dapat mengubah suasana hati dan peningkatan energi sehingga dapat menurunkan risiko depresi. Bernyanyi juga dapat dijadikan terapi untuk pengobatan orang dengan penyakit Alzheimer (hilangnya memori otak). Meskipun pasien Alzheimer telah kehilangan kemampuan komunikasi, namun mereka masih bisa menikmati musik.
                Bernyanyi untuk meningkatkan memori otak tidak hanya membantu secara psikologis tetapi juga secara fisik, karena kebanyakan masalah kesehatan pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan memori.
                Bernyanyi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang diwakili oleh tingkat A immunoglobin dan kortisol, yang biasanya menandai sistem kekebalan tubuh meningkat. Bernyanyi membantu orang untuk bersantai, perubahan mood yang lebih baik, dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar