Laman

Senin, 25 Juli 2011

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jantung


                Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah detak jantung yang tidak beraturan alias berdebar-debar. Penelitian terbaru membuktikan bahwa yoga secara teratur dapat mengurangi efek buruk detak jantung yang tidak beraturan yang berpotensi menimbulkan bahaya atau atrial fibrilasi.
                Atrial fibrilasi adalah suatu kondisi detak jantung tidak teratur sehingga meningkatkan peluang terjadinya pembekuan darah dan stroke. Perawatan yang diberikan cenderung berupa operasi invasive untuk menghilangkan kelainan, mengkonsumsi obat dan beberapa perubahan gaya hidup seperti mengurangi kafein dan alkohol. Penelitian membuktikan bahwa melakukan yoga selama 1 minggu dapat meningkatkan kualitas hidup. Selain itu juga dapat menurunkan kadar kecemasan dan depresi yang berbahaya.
                Manfaat yoga antara lain:

1. Fleksibilitas
Dalam suatu studi ditemukan terdapat peningkatan fleksibilitas sebesar 35% setelah 8 bulan melakukan yoga terutama di bagian pundak dan badan.
2. Kekuatan
Beberapa gaya dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan gaya yoga yang lain. Melakukan gaya yoga seperti ashtanga dan power yoga akan membantu meningkatkan kekuatan otot.
3. Postur
Dengan peningkatan kekuatan dan fleksibilitas akan menghasilkan postur tubuh yang lebih baik. Banyaknya gaya berdiri dan duduk akan mengembangkan kekuatan inti.
4. Konsentrasi dan mood
Hampir setiap siswa yang mengikuti kelas yoga merasa lebih bahagia dan puas. Manfaat yang didapat adalah adanya peningkatan aliran oksigen ke otak.
5. Mengurangi stress
Beberapa gaya yoga menggunakan teknik meditasi khusus membuat pikiran yang sering stress menjadi lebih tenang. Gaya yoga lainnya juga tergantung pada teknik bernafas yang dalam untuk memfokuskan pikiran sehingga membuat pikiran lebih tenang.

1 komentar:

  1. Makasih buat infonya mas... sangat useful
    Permintaannya sudah saya posting di blog saya..

    Rina as

    BalasHapus