Laman

Senin, 01 Agustus 2011

Cara duduk yang sehat


                Posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan masalah postur tubuh yang akan berdampak terhadap kesehatan secara menyeluruh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak menimbulkan dampak yang buruk
1. Bantalan pinggang
Disarankan pada saat duduk menggunakan penyokong pada pinggang. Misalnya dengan bantal kecil di pinggang dan di bokong, dan duduk setengah bersandar.
2. Postur sehat
Kursi yang terbaik tidak akan memperbaiki postur tubuh jika pada saat duduk tubuh tetap bungkuk, atau membungkuk pada meja atau menyilangkan kaki saat duduk.
3. Hindari Dehidrasi
Pada saat dehidrasi tubuh akan merasa lelah dan akan membuat seseorang cenderung duduk dengan posisi lebih merosot. Jaga asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih 6 hingga 8 gelas sehari.
4. Bergerak
Bergeraklah secara teratur setiap 15 hingga 30 menit untuk meregangkan otot. Dengan cara ini akan meningkatkan sirkulasi atau energi.
5. Periksa kondisi
Seseorang bisa menghabiskan waktu 5 hingga 8 jam di tempat tidur dalam sehari, sehingga tempat tidur juga memberi dampak yang signifikan terhadap postur tubuh. Pastikan tempat tidur memiliki dukungan yang baik bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar