Laman

Senin, 08 Agustus 2011

Khasiat pare


               Pare adalah jenis tanaman yang mempunyai buah yang pahit. Namun ternyata pare mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Pare ( Momordica charabtia ) adalah tanaman yang berasal dari Asia tropis. Pare tergolong tanaman semak semusim, yang hidupnya
menjalar atau merambat, dengan sulur berbentuk spiral, berbentuk lekuk tangan, dan bertangkai sepanjang 10 cm. Bunganya berwarna kuning muda.
               Pare mempunyai banyak sekali manfaat antara lain :


1.      Haus karena panas dalam, demam
Ambil 1 buah pare mentah segar dicuci bersih. Buang isinya, potong-potong secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, disaring, lalu diminum.
2.      Diabetes
Ambil 200 gram pare segar yang sudah dicuci bersih, lalu di jus dengan mesin juicer ( juicer ) lalu tambahkan air minum secukupnya, lalu diperas dengan kain sampai terkumpul 50 ml ( seperempat gelas ). Perasan dihangatkan dengan api kecil 15-30 menit. Setelah dingin diminum, lakukan setiap hari.
3.      Disentri
Buah pare segar dicuci lalu dibelah, lalu buang isinya. Kemudian parut atau di jus, airnya diminum. Satu kali minum 200 cc
4.      Diare
Ambil akar yang masih segar sebanyak 30 gram. Cuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan gula lalu diminum.
5.      Cacingan pada anak
Ambil 2 atau 3 biji pare. Giling sampai halus, aduk dengan sedikit air matang. Setelah itu diminum disusul dengan minum putih hangat.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar