Laman

Senin, 08 Agustus 2011

Ketika si kecil mau tumbuh gigi


               Seringkali para orangtua risau karena bayinya yang sudah menginjak usia 9 bulan namun masih belum tumbuh gigi. Sebenarnya pada usia berapa bayi tumbuh giginya?
               Gigi pertama pada bayi biasanya tumbuh di usia 5 hingga 11 bulan. Beberapa bayi kadang merasa tidak nyaman dengan proses tumbuh gigi ini. Oleh karena itu, para
orangtua bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi ketidaknyamanan ini.
               Gigi bayi yang pertama kali tumbuh adalah gigi seri bagian bawah. Kemudian gigi seri sebelah atas akan tumbuh 1 hingga 2 bulan setelah ggi seri bawah tumbuh. Pada usia 3 tahun normalnya akan tumbuh 20 gigi pertama ( gigi primer )
               Sebagian besar para ahli anak mengatakan tumbuh gigi tidak akan menyebabkan demam atau demam tinggi pada bayi. Kalaupun terjadi demam, maka temperatur yang terjadi masih dalam tingkat rendah dan biasanya terjadi pada saat gigi tersebut muncul. Tapi jika bayi mengalami demam pada saat tumbuh gigi, kemungkinan hal tersebut hanya kebetulan saja atau ada kondisi lain yang menyebabkan anak demam.
               Proses tumbuh gigi ini relatif tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi, tapi jika disertai dengan timbulnya gejala rasa nyeri atau bengkak pada gusi biasanya akan terjadi 3 hingga 5 hari sebelum gigi pertama muncul.
               Ada beberapa tanda-tanda yang menyertai saat bayi mau tumbuh gigi, antara lain sering mengeluarkan air liur, sering menggigit jari atau mainan, malas makan dan minum karena mulut sakit, terbangun di malam hari dan rewel karena gusi bengkak. Jika bayi mulai menampakkan gejala-gejala tersebut, perhatikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan bayi. Orangtua bisa menggosok secara lembut gusi bayi selama 2 menit menggunakan jari yang bersih. Sediakan mainan yang bisa dikunyah. Pastikan mainan tersebut aman untuk bayi. Jika cara tersebut tidak bisa membantu meringankan kondisi bayi, konsultasikan kepada dokter untuk mengatahui apakah ada gejala lain yang menyertainya atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar