Laman

Sabtu, 06 Agustus 2011

Jangan salah kanker juga serang jantung


               Kanker dan serangan jantung termasuk penyakit yang mematikan. Fakta membuktikan bahwa sangat jarang kanker menyerang jantung. Jenis kanker yang paling banyak tumbuh di jantung adalah sarcoma yakni jenis kanker yang tumbuh di jaringan lunak. Meskipun jenis kanker ini biasanya tidak ganas dan menyebar ke jaringan lain,
namun kanker ini cukup mematikan karena bisa merusak katup jantung dan pembuluh darah. Dampak yang dirasakan dari pertumbuhan kanker  di jantung adalah sebagai berikut :
1.      Terganggunya aliran darah yang melewati jantung.
2.      Pengerasan otot jantung (cardiac fibrosis)
3.      Macetnya katup jantung (maratic endocarditis)
Jika katup jantung macet maka pengobatan yang harus dilakukan adalah jantung cangkokan. Namun jika sudah mencapai kondisi ini, maka kanker tersebut sudah mencapai kondisi lanjut sehingga peluang untuk sembuh sangat kecil.
Selain sarcoma, jenis kanker yang menyerang jantung umumnya adalah kanke di jaringan lain yang menyebar hingga jantung. Salah satunya adalah lymphom yakni kanker yang mulanya tumbuh di kelenjar betah gening di sekitar leher lalu menyebar hingga jantung.
Jenis kanker lain yang juga menyerang jantung adalah carcinoid tumor yakni kanker yang menyerang sistem neuroendoktrin. Jenis kanker ini mempengaruhi kesehatan jantung secara tidak langsung yaitu dengan memicu produksi hormon tertentu yang merupakan katup jantung.
Namun secara umum kasus kanker yang menyerang jantung masih sangat langka. Dari 12487 otopsi yang dilakukan dalam sebuah penelitian hanya ditemukan 7 kasus kematian yang disebabkan karena kanker jantung. Diperkirakan kejadian kanker jantung ditemukan 1 di antara 1000 kasus di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar