Laman

Rabu, 03 Agustus 2011

Dedaunan obat kurang darah


                Semua jenis sayuran hijau bermanfaat meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin (Hb) dan mencegah anemia atau kurang darah. Beberapa di antaranya bahkan terbukti dapat menggantikan suplemen penambah darah. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah, yang dapat mengakibatkan suplai oksigen ke otak dan jaringan lainnya menjadi tidak lancar. Akibatnya sering terasa pusing, tubuh cepat letih, pikiran susah konsentrasi dan wajah tampak pucat.
                Menurut penelitian, kandungan zat besi dalam sayuran hijau mampu meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin (Hb). Jenis-jenis sayuran yang dapat meningkatkan sel darah merah antara lain :
1. Daun jambu biji
Manfaat jambu biji tidak hanya terletak pada bijinya yang dapat meningkatkan trombosit bagi penderita demam berdarah. Daun jambu biji juga mempengaruhi pembentukan sel darah khususnya sel darah merah.
2. Daun ubi jalar
Penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun ubi jalar mampu meningkatkan aktivitas organ-organ yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah antara lain hati dan sumsum tulang belakang.
3. Rumput kambing
Babadotan (Ageratum Conyzoides) atau sering dikenal dengan nama rumput kambing mudah ditemukan dimana saja termasuk di pekarangan rumah. Tanaman semacam rumput yang berbunga putih ini sebenarnya termasuk gulma atau tanaman pengganggu bagi petani.
Rumput jenis ini mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengobati luka. Selain itu penelitian membuktikan daunnya kaya akan zat besi sehingga ekstranya dapat mengobati kurang darah.
4. Daun labu
Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun labu cukup efektif meningkatkan regenerasi hemoglobin dengan cara menstabilkan membran sel darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar