Laman

Sabtu, 06 Agustus 2011

Jangan mencuci muka saat kepanasan


               Benarkah cuci muka pada saat cuaca sedang panas dapat menyebabkan kulit belang? Cuci muka adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan sering dilakukan pada saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun seringkali pada saat cuaca panas atau
baru pulang dari berpergian seseorang ingin sekali langsung mencuci muka.
               Mencuci muka dapat membantu membersihkan segala debu dan kotoran yang menempel di wajah serta menjaga kelembaban kulit muka agar wajah tetap halus dan lentur serta mencegah timbulnya jerawat.
               Tapi  sebaiknya jangan mencuci muka saat udara atau cuaca sedang panas, karena udara panas dan keringat dapat menyumbat pori-pori. Tunggu beberapa saat sampai suhu tubuh kembali normal dan pori-pori kulit berada dalam kondisi normal. Namun disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka agar kotoran, kuman, dan zat-zat lain yang ada di tangan tidak berpindah ke wajah.
               Selain itu sebaiknya tidak menggosok wajah dengan handuk untuk menghilangkan keringat yang menempel di wajah. Karena jika suhu tubuh masih panas, pori-pori wajah akan tetap tersumbat.
               Saat mencuci muka jangan menggunakan air panas karena bisa membuat kulit kering. Gunakan air hangat untuk mencuci muka lalu membilasnya dan di akhiri dengan membasuh muka dengan air dingin. Hindari daerah sekitar mata karena bahan kimia yang terkandung di dalam sabun dapat menyebabkan iritasi pada mata. Gosok secara perlahan pada bagian kelopak mata karena kelopak mata memiliki kulit yang sensitif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar