Laman

Senin, 08 Agustus 2011

Manfaat kulit pisang


               Kulit pisang selama ini dianggap tidak ada manfaat sehingga dibuang begitu saja. Namun ternyata kulit pisang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya kulit pisang dapat menyaring air karena bisa menyaring logam berat terutama timbal (Pb) dan Tembaga (Cu). Caranya sangat mudah, kulit pisang dicincang kecil-kecil lalu dimasukkan kedalam air yang tercemar. Cincangan kulit pisang dapat digunakan hingga 11 kali.
               Masih banyak manfaat kulit pisang dalam kehidupan sehari-hari. manfaatnya antara lain :
1. Meredakan nyeri
Minyak nabati yang terkandung dalam kulit pisang mempunyai senyawa tertentu yang berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri. Caranya tempelkan kulit pisang yang bersih dan masih segar untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar maupun luka gores.
2. Mengatasi gatal
Gatal-gatal akibat gigitan serangga atau alergi ringan bisa diobati dengan kulit pisang. Caranya sangat mudah dengan menempelkan di permukaan kulit yang terasa gatal.
3. Mengobati kutil
Kulit pisang diyakini mempunyai kandungan antivirus sehingga banyak yang menggunakannya untuk menghilangkan kutil. Caranya dengan menempelkan kulit pisang lalu di plester dan di diamkan beberapa hari hingga sembuh.
4. Mempercepat kesembuhan luka
Luka gores yang sudah mulai kering akan terasa gatal karena tertutup lapisan kulit mati yang mengeras. Serpihan itu bisa dihilangkan lebih cepat dengan cara mengoleskan kulit pisang karena akan bereaksi dengan enzim yang terkandung di dalamnya.
5. Menyuburkan tanah
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kulit pisang juga dapat dijadikan pupuk dengan cara menimbun kulit pisang kedalam tanah. Kulit pisang memiliki kandungan potassium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.
6. Mengkilapkan tanaman hias
Berbagai tanaman hias semacam anthurium, gelombang cinta dan sejenisnya akan lebih menarik jika daunnya tampak hijau mengkilap. Gunakan kulit sisi dalam untuk memoles daun tanaman hias.
7. Mengilapkan sepatu
Ambil beberapa kulit pisang sebagai pengganti semir sepatu lalu gosokkan ke sepatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar