Laman

Senin, 08 Agustus 2011

Dampak buruk konsumsi junk food


               Junk food adalah jenis makanan yang mempunyai kadar kolesterol tinggi namun tidak ada nilai gizinya. Makanan ini tidak hanya dapa memicu berbagai macam penyakit, namun juga dapat membuat otak menyusut.
               Orang yang sering mengkonsumsi junk food akan menyebabkan kelebihan berat badan karena kadar lemak yang tinggi. Hal ini yang dapat memicu penyusutan otak. Makanan ini tidak hanya dapat mengubah struktur fisik otak, tetapi juga memicu masalah memori dan peningkatan risiko demensia serta membuat usia bagian abu-abu otak menjadi lebih cepat tua kira-kira 16 tahun lebih cepat.
               Daerah abu-abu merupakan bagian berpikir di otak dan terdiri dari sel-sel otak yang terlibat dalam pengendalian otot, melihat, mendengar, memori, emosi, dan berbicara. Sedangkan daerah putih  di otak merupakan material yang menghubungkan sel-sel satu dengan yang lain.
               Otak orang yang kelebihan berat badan mempunyai ukuran 4-8 % lebih kecil dibanding orang normal. Hal ini disebabkan karena darah tidak mudah untuk masuk pembuluh darah sehingga sulit mencapai otak yang memicu terjadinya kekurangan oksigen dan sel-sel otak.
               Rata-rata orang normal kehilangan 0,5 % bagian otaknya. Namun untuk orang yang kelebihan berat badan akan kehilangan 4 % dari otaknya sehingga akan mengalami penuaan otak lebih cepat. Daerah yang mengalami penyusutan lebih banyak terjadi di bagian penalaran, penilaian dan pengolahan kenangan jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar