Laman

Senin, 08 Agustus 2011

Jenis dan manfaat teh


               Berbagai jenis teh tidak hanya mempunyai rasa yang berbeda, namun juga mempunyai manfaat yang berbeda. Berikut beberapa jenis teh dan manfaatnya :
1. Teh putih untuk perawatan kulit
Kandungan antioksidan paling tinggi bisa ditemukan dalam teh putih yang dibuat dari tunas tanaman teh.
2. Teh Rooibos untuk mengatasi kurang darah
Gejala letih lesu akibat kurang darah dapat diatasi dengan teh rooibos, teh herbal yang berasal dari Afrika selatan. Jenis teh ini paling banyak mengandung tennin, flavonoid yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.
3. Teh Oolong untuk mencegah gigi berlubang
Jenis teh herbal berasal dari China ini banyak mengandung catechin, senyawa anti mikroba yang bisa mencegah karies atau gigi berlubang. Jenis teh lain yang mempunyai khasiat yang sama adalah teh hitam.
4. Teh Chamomile untuk menjaga tekanan darah
Menurut sebuah penelitian di Jepang, konsumsi Teh Chamomile tanpa gula setiap hari bisa mencegah risiko komplikasi diabetes. Salah satunya adalah peningkatan tekanan darah yang bisa memicu kerusakan saraf dan gangguan penglihatan.
5. Teh Hitam untuk kekuatan tulang
Teh hitam adalah jenis teh yang punya manfaat beragam. Selain meredakan stres dan kadar kolesterol, teh hitam juga baik untuk tulang karena banyak mengandung mineral mangan dan fluoride.
6. Teh hijau untuk melangsingkan tubuh
Penelitian di Jepang membuktikan, konsumsi secangkir teh hijau bisa meningkatkan metabolisme makanan dalam tubuh. Jenis teh ini banyak mengandung epigallocatechin gallate, yaitu senyawa yang bisa menurunkan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh.
7. Teh Peppermint untuk gangguan pencernaan
Nyeri perut dan diare yang menyertai sindrom iritasi usus bisa diredakan dengan minyak peppermint yang terdapat dalam teh peppermint. Secangkir teh peppermint yang rasanya mirip balsam mentol ini bisa mengurangi kontraksi otot perut yang meningkat ketika terjadi iritasi usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar